7 CARA SEHAT BAHAGIA DENGAN HORMON KEBAHAGIAAN

.
7 CARA  SEHAT BAHAGIA    DENGAN HORMON KEBAHAGIAAN

Dengan tuntutan rutinitas setiap harinya, tubuh kita akan dituntut untuk bekerja lebih berat dari porsinya. Otak kita pun di tuntut untuk bekerja lebih keras untuk menyelarasakan segala bentuk dari pekerjaan kita. Bahkan hal tersebut akan berdampak pada kesehatan psikologi seseorang. Kegiatan – kegiatan tersebut akan berpengaruh akan harmonisasi kehidupan sesorang, rasa penat, jenuh dan tertekan sangat memungkinkan akan dirasakan oleh seseorang dengan rutinitas serta ritme kerja yang terlalu tinggi sehingga kualitas kinerja dan kesehatan pun akan semakin menurun. Dengan demikian sudah sepatutnya kita memberdayakan kemampuan diri kita untuk memanfaatkan segala kelebihan yang telah kita miliki.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mudah dalam memberdayakan diri  untuk sehat bahagia dengan hormon kebahagiaan sehingga dapat meningkatakan kualitas kehidupan seseorang.
1.     MEMBIASAKAN DIRI BERFIKIR POSITIF

Orang yang membiasakan diri untuk berfikir positif akan lebih kecil peluang kemungkinan untuk sakit , hal ini disebabkan karena pada saat sesorang senantiasa menghadapi segala sesuatu dengan senyuman dan secara positif  yang akan mengalir adalah hormon yang menguntungkan yaitu ‘Beta –endorfin dan enkefelin’ yang dapat mengaktivasi sel – sel otak serta membuat tubuh lebih sehat.

2.    MENGATUR SEKRESI HORMON KEBAHAGIAN

Hormon kebahagian berpengaruh positif terhadap peningkatan daya ingat, semangat, daya tahan tubuh dan kreativitas.sehingga jumlah hormon kebahagiaan yang dilepaskan akan menentukan aktivitas seseorang akan berkembang ke arah positif atau negatif, jika kita mengerjaakan sesuatu dengan  bersemangat otak pun akan aktif dan akan  menghasilkan cukup banyak Dopamin ‘yaitu hormon membangkitkan keinginan untuk bekerja. Namun bila hormon ini diproduksi secara berlebihan akan menghabiskan banyak energi sehingga dapat menyebabkan kematian dini. Dengan demikian kita ikut berperan dalam mengatur sistem sekresi dalam tubuh kita
3.    (MENGHINDARI BERFIKIR  YANG BERLEBIH ( DON’T BE OVERTHINKING)

Pada saat aktivitas berfikir kita yang berkebihan akan menimbulkan rasa khawtir, ketakutan serta  kondisi tubuh dan pikiran yang tegang  di mana untuk kondisi yang lebih tertekan di kenal dengan ‘stres’.pada saat kondisi yang demikian hormon noradrenalin dilepaskan , pembuluh darah akan menyempit an sirkulasi darah pu akan menjadi terhambat . namun apabila hormon noradrenalin ini bermanfaat selama ia masih dalam keadaan cukup. Namun apabila jumlah itu terlampaui akan berdampak buruk bagi kesehatan

4.    MENCEGAH KERUSAKAN AKIBAT OKSIGEN AKTIF

Oksigen aktif adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh mausia. Oksigen aktif akan menjadi masalah di dalam tubuh manusia apabila jumlahnya terlalu banyak  karena akan membentuk polutan yang mempercepat penuaan tubuh. Dan oksigen aktif tersebut terdapat di alkohol dan rokok. Hal ini tidak tanpa alasan karena enzim penawar racun superoksida dismutase (SOD) akan bekerja berlebihan dalam menetralkan oksigen beracun, sehingga tubuh tidak berfungsi secara optimal.

5.    MENJAGA POLA MAKAN.

Sebaiknya kita lebih banyak mengkonsusmsi jenis makanan yang kaya akan protein, karena di dalam  protein terdapat kandungan asam amino untuk menyediakan bahan yang akan diproduksi menjadi senyawa hormon kebahagiaan. Menyantap makanan yang disukai walaupun tidak menyehatkan memicu hormon kebahagiaan akan tetapi akan berujung pada pembentukan oksigen aktif yang merugikan tubuh untuk jangka waktu yang panjang.

6.    MEMPERKUAT  OTOT DENGN BEROLAHRAGA

Mereka yang memperkuat otot tak akan jatuh sakit , karena jika massa otot sudah tepat tidak akan ada bahaya kerusakan akibat lemak..Massa otot selain terkait dengan bentuk tubuh yang ideal, otot juga memiliki tugas penting untuk menyokong perdaran darah yang menyebabkan peredaran darah terus berlangsung pada  jantung dan seluruh otot


7.    MEMBERDAYAKAN OTAK KANAN


Lebih baik kita belajar menggunakan otak kanan karena otak kanan membutuhkan sedikit energi dan menyebarkan dopamin yang efektif.Hormon kebahagiaan lebih banyak dihasilkan oleh otak kanan. Oleh karena itu ‘pekerja seni’ yang lebih sering menggunakan belahan otak ini umumnya memiliki hidup yang lebih lama.
Tag : Gaya Hidup
0 Komentar untuk "7 CARA SEHAT BAHAGIA DENGAN HORMON KEBAHAGIAAN"

Back To Top