Pengaruh Dan Penyebab Emesis Gravidarum Atau Morning Sickness Pada Ibu Hamil

.

Ibu mengalami mual dan muntah saat hamil muda? Apakah ibu mengalaminya? Mungkin ibu mengalami emesis gravidarum. Ada banyak keluhan yang dialami oleh ibu hamil terutama pada ibu hamil usia muda salah satunya adalah emesis gravidarum. Apa itu emesis gravidarum? Mual dan muntah ( emesis ) adalah hal yang sering dialami semua ibu-ibu pada awal kehamilan dan akan sembuh dengan sendirinya menginjak bulan ke-4. Biasanya terjadi pada pagi hari setelah sembuh dapat berulang kembali. Hal ini terjadi karena perubahan tubuh ibu sehubungan dengan dimulainya kehidupan buah hati ibu dalam rahim. Namun jika mual muntah itu semakin berat, harus waspada dan perlu penanganan yang tepat agar pertumbuhan dan perkembangan janin tidak terhambat.

Baca Juga : 

Morning Sickness Pada Ibu Hamil
  • Apa emesis gravidarum Berbahaya? 
Mual dan muntah menyebabkan asupan nutrisi ibu kurang. Sementara itu, selama kehamilan muda dan selanjutnya, ibu membutuhkan nutrisi yang cukup guna mendukung pembentukan dan pertumbuhan tubuh janin. Kekeurangan nutrisi yang berkepanjangan, mengancam keselamatan janin serta ibu sendiri. Untuk itu, ibu perlu penanganan adekuat.
  • Perlukah ibu dirawat di RS?  
Jika mual dan muntah menyebabkan ibu sedikit atau sama sekali tidak mampu makan dan minum, maka ibu perlu perawatan di RS guna mendapatkan asupan nutrisi melalui infuse dan obat-obatan untuk mengatasi mual dan muntah dan masalah kesehatan yang timbul.
  • Adakah yang dapat ibu lakukan ? 
Selama mual muntah berlangsung dengan hebat, biasanya bidan ataupun dokter akan merekomendasikan ibu untuk mengistirahatkan saluran cerna dengan berpuasa sementara ( paling lama 2 hari ). Setelah itu, ibu perlu meningkatkan asupan nurtisi secara perlahan dan bertahap sejalan dengan semakin berkurangnya mual dan muntah. 

Pengaruh Dan Penyebab Emesis Gravidarum Atau Morning Sickness Pada Ibu Hamil - Jadi penting bagi semua ibu hamil muda untuk medeteksi keluhan yang mungkin terjadi pada ibu hamil muda. Janganlah menunda untuk menghubungi bidan ataupun dokter anda sebelum keadaan semakin parah agar mendapatkan penanganan yang intensif.

Tag : kehamilan
0 Komentar untuk "Pengaruh Dan Penyebab Emesis Gravidarum Atau Morning Sickness Pada Ibu Hamil"

Back To Top