Penyebab Dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Anak Bayi

.
Cegukan pada bayi baru lahir atau orang dewasa umumnya merupakan sesuatu yang normal serta tak berbahaya, jadi ayah ibu tak butuh terlalu khawatir. Meski demikian, tetap butuh hati-hati sebab ada berbagai kondisi serius (jarang) yang bisa menyebabkannya. Oleh sebab itu mari kami cermati apakah cegukan yang terjadi merupakan sesuatu yang berbahaya alias tidak.  Penyebab Cegukan Pada Bayi Cegukan terjadi saat otot-otot diafragma tiba-tiba berkontraksi yang mana hal ini dipicu oleh iritasi alias stimulasi pada otot. Berbagai dokter anak terkemuka menganggap bahwa cegukan pada bayi biasanya dikarenakan oleh aktifitas makan alias minum semacam menyusu ASI, susu formula alias makanan lain. Bisa juga dikarenakan oleh penurunan suhu bayi yang mendadak, umpama mandi air dingin alias terkena udara dingin

Baca Juga : 
Penyebab Dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Anak Bayi

Cegukan pada bayi umumnya tak berbahaya kecuali cegukan parah yang hingga mengganggu makan serta tidur. Ada berbagai trik untuk meminimalisir timbulnya cegukan serta mencegah keparahan, antara lain: Saat menyusu, jaga kepala bayi supaya lebih tinggi dari perutnya. Tetapi jangan menekuk pada leher. Sendawakan bayi seusai menyusu, apabila dirinya tak segera bersendawa, maka rangsanglah dengan tutorial menepuk tahap punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Jangan beri bayi makan alias minum ketika tetap cegukan, tunggu hingga ia tenang. Jangan menanggulangi cegukan pada bayi dengan tutorial mengejutkan, menekan bola matanya, mendorong ubun-ubun nya, alias hebat lidahnya. Alias metode menghapus cegukan pada dewasa. Sebab tak ada bukti bahwa salah satu metode ini yang bekerja manjur, Justru malah bisa berbahaya pada bayi. Butuh periksa ke dokter apabila: Cegukan mengganggu saat menyusu alias makan serta menganggu tidur Cegukan yang tak terkendali, terjadi sangat tak jarang, bahkan ketika telah berumur 1 tahun Itulah berbagai poin penting mengenai cegukan pada bayi, semoga bisa meningkatkan wawasan bagi ayah bunda.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Saat sang buah hati mengalami cegukan ibu jangan panik dulu ada berbagai tutorial yang bisa ibu perbuat dirumah sebagai tutorial menanggulangi cegukan pada bayi mungil bunda.
  • Menepuk punggung bayi
Apabila sang buah hati tiba tiba mengalami cegukan, faktor yang bisa ibu perbuat yaitu gendong si kecil dengan posisi sang bayi semacam berdiri, letakkan kepala si kecil di pundak bunda, lalu ditepuk - tepuk punggung bayi namun jangan terlalu keras tapi juga jangan terlalu lembut. Tepuk hingga bayi bersendawa.
  • Ubah posisi menyusui
Saat menyusui tak jarang kali udara juga ikut masuk ke mulut bayi, faktor inilah yang menyebabkan terjadinya cegukan. Dengan merubah posisi menyusui serta membenahi posisi menyusui diharappkan bayi tak lagi memasukkan udara bersamaan dengan ASI. Apabila cegukan tetap terjadi hentikan pemberian ASI sebab kemungkinan besar bayi bakal tersedak.
  • Sendawakan Bayi saat di beri Susu
Rutin sendawakan bayi dengan tutorial menepuk punggungnya setiap ibu berakhir memberbagi minum terhadap sang buah hati,
  • Beri tepukan lembut pada punggung
Pijatan alias tepukan lembut pada punggung bayi bakal menenangkan bayi, bayi bakal rileks jadi cegukan yang dialami sang buah hati bakal terus berminim.
Tag : Post Natal
0 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Anak Bayi"

Back To Top