Pengertian, Sistem, Dan Cara Rujukan

.
Rujukan ibu hamil dan neonatus yang beresiko tinggi merupakan komponen yang penting dalam sistem pelayanan kesehatan material.  Dengan memahami sistem dan cara rujukan yang baik, tenaga kesehatan di harapkan dapat memperbaiki kualitas pelayanan pasien.

Indikasi Dan Kontraindikasi

Secara Umum rujukan di lakukan apabila tenaga dan perlengkapan di suatu fasilitas kesehatan tidak mampu menatalaksana komplikasi yang mungkin terjadi.  Dalam pelayanan kesehatan maternal dan paternal terdapat dua alasan untuk merujuk ibu hamil yaitu: ibu dan atau janin yang di kandungnya
google image - Pengertian, Sistem, Dan Cara Rujukan 

Rujukan Ibu Hamil Di Bedakan Berdasarkan Sifatnya Menjadi :


  • Rujukan Kegawat Daruratan
Rujukan kegawat daruratan adalah rujukan yang di lakukan segera mungkin karna berhubungan dengan kondisi kegawat daruratan dengan kondisi yang mendesak
  • Rujukan Berencana
Rujukan Berencana adalah rujukan yang di lakukan dengan persiapan yang lebih panjang ketika keadaan unum ibu relatif lebih baik, misalnya di masa antenatal atau awal persalinan ketika di dapati kemungkinan resiko komplikasi .  Karna tidak di lakukan dalam kondisi gawat darurat rujukan ini dapat di lakukan dengan pilihan modalitas transportasi yang lebih beragam , nyaman, dan aman bagi pasien.

Adapun Rujukan Tidak Di Lakukan Bila : 
  • Kondisi ibu tidak setabil di pindahkan
  • Kondisi janin tidak setabil dan terancam untuk terus memburuk
  • Persalinan sudah akan terjadi
  • Tidak ada tenaga kesehatan terampil yang dapat menemani
  • Kondisi atau cuaca modalitas tranportasi membahayakan

Sedikit pengertian, sistem, dan cara melakukan rujukan.  Hal hal yang perlu di perhatikan dalam melakukan rujukan ,  Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan informasi dalam dunia pembelajaran atau dunia praktek . Memeberikan service terbaik adalah harapan pasien yang datang ke anda.  Salurkan ilmu dan pengetahuan anda dan berikan service yang terbaik.

*****Terimakasih Semoga Bermanfaat*****
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Pengertian, Sistem, Dan Cara Rujukan "

Back To Top