Tujuan Konseling Pra Nikah

.

Tujuan Konseling Pra Nikah

Bagi kebanyakan orang menikah dianggapnya sesuatu hal yang biasa yang mana saya katakan biasa mereka tidak terlalu fokus tentang masalah psikologi seseorang yang akan melaksanakan pernikahan, namun kebanyakan orang lebih memikirkan acara dan sarana pernikahan.  Namun tidak sedikit orang melaksanakan konseling pra nikah yang mana hal ini dapat membantu pasangan yang akan melakukan pernikahan lebih percaya diri dan memiliki banyangan untuk menghadapi sebuah acara pernikahan.

Dengan memiliki mental yang baik dan persiapan yang matang diyakini pernikahan yang akan dilaksanakan akan menjadi sebuah moment yang sangat istimewa, sehingga pasangan tersebuat akan mengerti makna menikah yang sesungguhnya.  Konseling pra nikah diharapkan mampu membimbing seseorang dapat mengerti dan memahami makna sebuah pernikahan.  Dengan menghargai sebuah pernikahan pasangan suami istri akan lebih kuat dalam menghadapi sebuah cobaan hidup.

Konseling kesehatan dapat mendeteksi berbagai hal, seperti pembawa kelainan genetik, seperti hemofilia atau penyakit yang disebabkan darah sukar membeku, buta warna, dan sebagainya. Atau menderita penyakit keturunan yang perlu mendapat perhatian seperti kencing manis, jantung, dan tekanan darah tinggi. Dengan konseling juga dapat diketahui apakah si calon ibu menderita penyakit-penyakit lainnya, seperti penyakit kelamin, paru-paru, jantung, epilepsi, atau kanker rahim. 

Google Image 

Pemeriksaan kesehatan pranikah penting untuk mengetahui kondisi pasangan serta proyeksi masa depan pernikahan, terutama yang berkaitan dengan masalah kesehatan reproduksi (fertilitas) dan genetika (keturunan), juga untuk memperoleh kesiapan mental karena masing-masing mengetahui benar kondisi kesehatan calon pasangan hidupnya. Melalui pemeriksaan kesehatan pranikah juga dapat diketahui penyakit-penyakit yang nantinya bila tak segera ditanggulangi dapat membahayakan calon pasutri, termasuk bakal keturunannya.


Idealnya pemeriksaan kesehatan pra nikah dilakukan enam bulan sebelum dilangsungkannya pernikahan. Tes kesehatan pra nikah dapat dilakukan kapanpun selama pernikahan belum berlangsung. Jika pada saat pengecekan ternyata ditemui ada masalah, maka pengobatan dapat dilakukan setelah menikah. Banyak hal yang seharusnya dapat dilakukan dan dicegah dengan melakukan tes kesehatan pra nikah.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan tujuan pra nikah.  Semoga artikel ini dapat memberikan dampak yang baik bagi teman - teman semua khususnya bagi pasangan yang akan melakukan acara pernikahan.  Terimakasih
Tag : umum
0 Komentar untuk "Tujuan Konseling Pra Nikah"

Back To Top