13 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil

.
Buah Manggis adalah buah yang memiliki kulit yang tebal, buah yang satu ini sering kita jumpai di supermarket atau pasar - pasar tradisional lainnya.  Buah yang memiliki rasa yang sangat luar biasa nikmatnya ini ternayata memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh terutama bagi ibu hamil. Buah ini memiliki nama lain Garcinia Manggostana yang mana pohonnya hidup didaerah tropis.  Pohon buah manggis berasal dari kepualauan nusantara. Siapa yang menyangka kalau buah yang satu ini menyimpan sebuah manfaat yang sangat penting selain sebagai bahan konsumsi yang baik buah ini juga diyakini mampu mengobatai beberapa macam penyakit.  Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang manfaat buah manggis bagi tubuh :

Manfaat Buah Manggis:

  • Buah Manggis diyakini mampu mencegah penyakit kanker
Hal ini disebabkan senyawa xamthone atau senyawa anti kanker yang terdapat pada buah manggis berguna untuk memperlambat proses tumbuhnya sel - sel kanker pada usus besar dan kanker hati. Bahkan kandungan buah manggis ini mampu untuk menangkal radikal bebas dan kekebalan tubuh dan satu lagi buah manggis mampu memperlambat pertumbuhan sel penyebab leokimia.


  • Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh
Seorang ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan makanan sehat.  Buah manggis merupakan buah yang kaya akan sumber vitamin C, Bahkan dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara seorang ibu yang sedamg hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.


  • Mengatasi Sembelit
Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan serat sebagai zat khusus yang sangat menunjang ibu yang sedang hamil pada trismester pertama.  Seorang ibu yang sedang hamil selalu mengalami sembelit dan rasa tidak nyaman karna pengaruh hormon pada sistem pencernaan.  Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat.  Kebutuhan serat bagi seorang ibu yang sedang hamil adalah 26 gram serat setiap harinya.  Hal ini yang menjadikan buah manggis baik buat ibu hamil.
  • Mencegah Preklamsia
Hal yang biasanya di alami ibu hamil adalah preklamsia.  Preklamsia sendiri adalah suatu kondisi yang bisa terjadi pada semua ibu hamil.  Kondisi ini disebabkan karna adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan karna pola makan yang buruk dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil.  Kondisi ini dapat menjadi penyebab keguguran , kematian ibu dan janin, kelahiran prematur, dan janin cacat.  Buah manggis ini bermanfaat mempengaruhi tekanan darah dan penyerapan protein dalam darah.
  • Menjaga Elastisitas Kulit
Selama kehamilan  biasanya seorang ibu hamil akan mengalami perenggangan.  Hal ini disebabkan adanya perkembangan janin yang terus membesar. Seorang ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula.setelah kelahiran.  Buah Manggis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang mampu mendukung kulit ibu lentur sesuai dengan kondisi dan ukuran janin.
  • Mampu Menurunkan Kolesterol
Bagi seorang ibu yang sedang mengalami kehamilan memiliki kolesterol yang tinggi.  Hal ini akan mendatangkan resiko kesehatan yang cukup buruk untuk tubuhnya sendiri dan Janin.  Seorang ibu yang sedang hamil harus mencukupi asupan nutrisi dan vitamin yang cukup baik. Dengan mengkonsumsi buah - buahan seperti manggis mampu menyehatkan seorang ibu hamil.
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Pada umumnya sebagian besar ibu hamil akan mengeluh pada pencernaan yang buruk dan kesehatan yang kurang baik.  Hal ini dipengaruhi disebabkan oleh karna tubuh sedang mempersiapkan pertumbuhan janin. Dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin mampu menjaga metabolisme ibu hamil hal ini dsebabkan oleh buah manggis yang kaya akan vitamin dan mengandung vitamin B kompleks.


  •  Mengontrol Detak Jantung
Buah yang satu ini banyak mengandung kalium yang diperlukan oleh seorang ibu yang sedang hamil. Kalium sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mengontrol detak jantung dan memelihara kesehatan dan juga sistem tekanan darah.  Buah manggis akan melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai gangguan penyakit jantung.
  • Mengatasi Lelah bagi Ibu Hamil
Buah manggis memiliki sifat anti inflamasi .  Senyawa ini sangat baik untuk ibu hamil karna ibu hamil biasanya mengeluh pegal pada bagian punggung dan kaki.  Dengan mengkonsumsi buah manggis secara teratur akan mengurangi semua efek samping alami yang muncul selama proses kehamilan.
  • Mencegah cacat Janin\
seorang ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang proses kehamilan.  Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil dalam memenuhi asupan gizi untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak.  Buah manggis memiliki kandungan asam folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis. Buah manggis ini bermanfaat bagi ibu hamil sebagai penunjang pertumbuhan bayi sehingga mencegah terjadinya cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.
  • Membentuk Jaringan Tulang Rawan
Buang manggis mengandung sekitar 0,3 miligram mangan dalam setiap 50 gram daging buah.  Buah manggis sanga baik dikonsumsi saat mulai diketahuinya tanda - tanda kehamilan di trimester pertama. Mangan juga memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pembentukan janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.



Demikian pembahasan tentang manfaat - manfaat buah manggis yang memiliki sebuah kandungan vitamin yang cukup baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan seorang ibu yang sedang hamil.  konsumsilah buah manggis guna kesehatan tubuh anda.  Terimakasih

Tag : umum
0 Komentar untuk "13 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Ibu Hamil"

Back To Top