Fungsi Pikiran Sadar Dan Pikiran Bawah Sadar

.
Dalam ilmu hipnotis di jelaskan bahwa pikiran dibedakan menjadi 2 jenis yaitu : pikiran sadar dan pikiran bawah sadar..  Masing masing pikiran mempunyai peran dan pengaruh yang berbeda, dinamakan pikiran sadar karna keberadaannya telah kita sadari dan di namakan pikiran bawah sadar karna memeng kita sering kali tidak menyadari keberadaannya.

Peran dan pengaruh pikiranpun berbeda beda.  Pikiran sadar ternyata hanya 12% saja berperan dan berpengaruh terhadap diri kita, sedangkan peran dan pengaruh pikiran bawah sadar terhadap diri kita ternyata sangat tinggi, yakni sampai 88%.  Itu artinya kegagalan dan kesuksesan hidup kita sangat di pengaruhi oleh pikiran bawah sadar.
google image - Fungsi Pikiran Sadar Dan Pikiran Bawah Sadar

Why like that? Hal ini dsebabkan fungsi pikiran bawah sadar memang lebih banyak dan dominan dalam kehidupan .  Fungsi pikiran sadar dan pikiran bawah sadar sebagai berikut :

Fungsi Pikiran Sadar

  • Mengidentifikasi informasi yang masuk.  Semua informasi yang ada di dunia ini di terima melalui lima panca indra yaitu : penglihatran, pendengaran, penciuman, pengecup, dan sentuhan.  Saat informasi sudah masuk selanjutnya akan di identifikasi atau di tentukan 
  • Membandingkan . Informasi yang masuk di bandingkan dengan data base ( referensi, pengalaman, dan segala informasi ) yang berada di [ikiran bawah sadar.
  • Menganalisis
  • Memutuskan
Fungsi pikiran Bawah Sadar
  • Kebiasaan ( baik, buruk, dan reflek)
  1. Kebiasaan baik bersifat baik dan produktif
  2. Kebiasaan buruk bersifat negatif dan destruktif seperti merokok, makan seara berlebihan, minum alkohol, dan lain lain
  3. Kebiasaan reflek antara lain di lihat pada aktifitas seperti tindakan secara otomatis menutup pintu setelah membukanya , menutup mulut ketika bersin atau batuk.
  • Emosi.  Emosi adalah perasaan kita mengenai suatu keadaan atau hal hal tertentu, dan terhadap orang lain.  Seperti kita merasa sedih saat mendapat musibahkecewa karna di tipu dan lain lain
  • Memori Jangka Panjang.  Memori jangka panjang adalah tempat penyimpanan informasi yang sifatnya permanen. Ada memori yang ytidak dapat di ingat dalam kondisi sadar tetapi dapat di munculkan dengan bantuan hipnotis
  • Kepribadian.  Kepribadian adalah karakteristik individual kita dalam berhubungan dengan orang lain dan dengan lingkungan yang kita jumpai tiap hari.
  • Intuisi.  Intuisi adalah perasaan mengetahui sesuatu secara instingtif berhubungan dengan spiritual atau metafisik 
  • Kreativitas.  Kreativitas adalah kemamp[uan untuk mewujutkan visi pemikiran dan impian menjadi kenyataan.
  • Persepsi.Persepsi adalah bagaimana kita melihat dunia menurut kaca mata kita 
  • Believ And Value.  Belief atau kepercayaan adalah suatu yang kita yakini sebagai hal hal yang benar.  Sedangkan value atau nilai adalah segala sesuatu yang kita pandang sebagai hal penting.
Tag : Gaya Hidup
0 Komentar untuk "Fungsi Pikiran Sadar Dan Pikiran Bawah Sadar"

Back To Top