Jenis - Jenis Makanan Dan Buah Yang Mengandung Asam Folat Yang Baik Untuk Ibu Hamil Atau Program Hamil

.
Jenis - Jenis Makanan  Dan Buah Yang Mengandung Asam Folat  - Makanan yang mengandung asam folat dikualitas mempunyai kebanyakan sekali kegunaaan untuk kesehatan tubuh dengan cara keseluruhan, tidak hanya untuk tahap tertentu saja. Bukan saja untuk menjaga kesehatan, namun asam folat juga bisa menolong dalam proses penyembuhan beberapa tipe penyakit. Untuk bunda hamil pun makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk perkembangan janinnya agar tumbuh normal serta tidak mengalami kecacatan.

Baca Juga : 
Asam folat adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air. Kegunaaan asam folat yang mutlak adalah untuk kelancaran metabolisme serta perkembangan sel tubuh. Dengan cara lebih dalam kegunaaan asam folat ini bakal kami bahas di halaman 2 dari postingan ini. Semacam tipe vitamin lainnya, asam folat juga mudah rusak apabila terkena suhu terlalu panas, oleh sebab ketika mengolah alias memasak jenis-jenis bahan makanan yg mengandung asam folat sebaiknya tidak terlalu lama memasaknya dalam suhu tinggi.
  • Kacang-Kacangan
Asam folat alias vitamin B9 kebanyakan tersedia pada tipe kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, namun beberapa tipe kacang-kacangan juga mengandung kebanyakan nutrisi penting lainnya, semacam kalsium, protein serta juga vitamin D yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumi satu cangkir kacang, Kamu bakal memperoleh asupan kurang lebih 180 mikrogram folat. Jumlah tersebut telah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua tipe kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) serta juga kacang tanah (peanuts).

Kacang lentil adalah tipe kacang yang kebanyakan dikonsumsi oleh orang-orang dari Timur Tengah. Di Indonesia, kacang lentil dapat didapatkan di supermarket. Di negara semacam Amerika kacang lentil juga sangat terkenal. Bahkan bunda hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang lentil sebagai camilan sehat. Kegunaaan kacang lentil untuk bunda hamil antara lain merupakan:

1.  Kacang Lentil (181mcg / 100 gr, 45%)

Kacang lentil adalah tipe kacang yang kebanyakan dikonsumsi oleh orang-orang dari Timur Tengah. Di Indonesia, kacang lentil dapat didapatkan di supermarket. Di negara semacam Amerika kacang lentil juga sangat terkenal. Bahkan bunda hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang lentil sebagai camilan sehat. Kegunaaan kacang lentil untuk bunda hamil antara lain merupakan:

  2.  Kacang Polong  (63 mcg / 100 gr, 13%)

kacang polongKacang polong menjadi nutrisi penting sebagai sumber asam folat. Dalam 100 gram kacang polong dapat menyumbang 10 % asam folat.  Asam folat dari sumber kacang-kacangan menjadi makanan penting untuk bunda hamil.  Asam folat dari kacang polong dapat menolong proses sintesis DNA yang dapat mencegah rekayasa cacat pada bayi serta penyakit tulang belakang.

 3.  Produk Olahan Kedelai

Produk olahan kedelai semacam tahu menjadi makanan yang kebanyakan mengandung asam folat. Kurang lebih satu kotak kecil tahu sanggup menyediakan kalori sekebanyakan 90 kalori, 5 gram lemak, 9 gram protein serta 2 gram karbohidrat. Bahkan apabila Kamu mengkonsumsi tahu sebagai makanan harian maka tubuh Kamu bakal memperoleh asupan kalsium, vitamin K, tiamin, niasin, asam folat, fosfor, mangan serta selenium. Kandungan asam folat dalam tahu sangat baik untuk bunda hamil. Asam folat dapat mencegah persoalan kecacatan pada janin khususnya yang berhubungan dengan resiko syaraf serta proses tak terbentuknya tempurung otak dengan sempurna. Kandungan asam folat dalam tahu juga sangat berperan untuk menanggulangi gangguan jantung serta persoalan kanker.

4.   Kacang Almond (50 mcg / 100 gr, 12%)

Kacang almond menjadi salah satu tipe kacang yang kebanyakan mengandung nutrisi. Rasa almond kering yang lezat biasanya kebanyakan dicampur dengan kue, tapi Kamu juga dapat mengkonsumsinya dengan cara langsung. Dalam 30 gram kacang almond ditemukan karbohidrat (6 gram), protein (7 gram), serat (4 gram), lemak sehat (17 gram), serta 200 kalori. Tidak hanya itu kacang almond juga tak mempunyai kandungan kolesterol. Dalam satu cangkir kacang almond ditemukan sekebanyakan 70 mcg asam folat. Asam folat pada kacang almond dapat menjadi nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan (khususnya persoalan cacat janin yang disebuat spina bifida alias gangguan kelumpuhan sebab perkembangan syaraf tulang belakang yang tak sempurna).
5.  Kacang Tanah (120 mcg / 100 gr, 30%)

Kacang tanah menjadi salah satu tipe kacang yang paling dikenal di Indonesia. Kacang tanah mempunyai rasa gurih, manis serta lezat. Tidak hanya itu harga kacang tanah di Indonesia juga sangat terjangkau. Meskipun kacang tanah mempunyai harga yang terjangkau tetapi sanggup mencukup kebutuhan gizi harian. 

6.  Kacang Kenari (98 mcg / 100 gr, 25%)

Kacang kenari adalah sumber makanan yang sangat kaya bakal beberapa macam kandungan gizi. Dalam 100 gram kenari ditemukan karbohidrat (4 gram), protein ( 4 gram), lemak (18 gram), serat (1.8 gram). Tidak hanya itu kacang kenari juga mempunyai kandungan mineral semacam magnesium, fosfor, natrium, kalium, selenium, tembaga, seng, serta zat besi. Beberapa tipe vitamin yang ditemukan dalam kacang kenari adalah semacam vitamin C, niasin, tiamin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, vitamin A serta juga asam folat. Asam folat dalam kacang kenari menjadi penentu penting untuk pembentukan syaraf otak pada janin serta sumber nutrisi yang lengkap untuk bunda serta janin.
  •     Buah-Buahan
Sumber mutlak vitamin dengan cara alamiah adalah buah-buahan, serta asam folat adalah salah satu tipe vitamin. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, serta keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C serta folat yang ada pada tipe buah-buahan tersebut dikualitas sangat berguna untuk bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, serta alpukat adalah sumber asam folat untuk bunda hamil, jadi buah ini keren untuk bunda hamil.

1.  Pisang (20 mcg / 100 gr, 5%)

Pisang merupakan buah yang sangat membahagiakan untuk dikonsumsi. Rasa pisang yang manis membikin semua orang menyukai pisang. Tidak hanya itu pisang mempunyai kandungan vitamin, mineral serta sumber nutrisi yang sangat berkegunaaan untuk kesehatan tubuh. Bahkan kandungan asam folat dalam satu buah pisang mencapai kurang lebih 6% dari total keperluan orang dewasa. Pisang mempunyai lemak jenuh yang sangat rendah, kolesterol jahat serta sodium. Beberapa nutrisi lain yang ditemukan pada pisang merupakan serat larut dalam air, kalium, vitamin B6, vitamin C, serta mangan.

 2.   Jeruk (30 mcg / 100 gr, 8%)

Jeruk merupakan salah satu tipe buah yang sangat berkegunaaan untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang lumayan tinggi dalam jeruk menjadi sumber pemeliharaan kekebalan tubuh alias sistem imunitas. Jeruk juga mempunyai kandungan folat mencapai 28 mikrogram alias kurang lebih 7% dari keperluan orang dewasa serta total kalori 45. Kegunaaan asam folat dalam jeruk merupakan sebagai berikut ini:
Jenis - Jenis Makanan  Dan Buah Yang Mengandung Asam Folat

3.  Persik (4 mcg / 100 gr, 1%)

Buah persik menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Dalam buah persik ditemukan beberapa sumber nutrisi semacam zat besi, mangan, kalsium, seng, magnesium, belerang serta beberapa tipe vitamin semacam vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B9, vitamin C serta vitamin E. Buah persik juga mengandung asam folat tinggi yang dibutuhkan untuk bunda hamil.

4.  Tomat (22.3 mcg / 100 gr, 6%)

Tomat menjadi buah yang mempunyai beberapa macam kandungan vitamin serta mineral semacam karbohidrat, serat larut, anti oksidan (alpha lipoic, kolin, beta karoten, lutein serta licopene), vitamin A, vitamin C serta asam folat.  Konsumsi tomat sekebanyakan 123 gram per hari telah mencukupi keperluan 25 kalori serta 1 gram protein. Tomat juga sangat penting untuk diet sebab sama sekali tak mengandung lemak. Kegunaaan asam folat dalam tomat merupakan sebagai berikut:
5.   Alpukat (20 mcg / 100 gr, 5%)

Alpukat menjadi buah yang sangat lezat untuk dijadikan jus alias salad. Dalam 100 gram buah alpukat ditemukan beberapa tipe nutrisi yaitu vitamin K (27%), vitamin C (16%), potasium (13%), vitamin E (10%), vitamin B5 (15%), folate (20%) serta asam folat (13%). Tidak hanya itu alpukat juga mengandung sumber mineral yang penting untuk tubuh semacam mangan, zat besi, seng, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin A serta fosfor. Asam folat dalam alpukat menjadi salah satu sumber makanan penting untuk mencegah penyakit jantung. Alpukat juga menolong pengaturan kadar homosistein dalam darah. Tidak hanya itu alpukat juga merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan.

  6.  Melon (21 mcg / 100 gr, 5%)

Melon merupakan buah yang sangat umum di Indonesia. Dalam melon ditemukan beberapa tipe nutrisi serta mineral tetapi tak mempunyai kandungan lemak serta kalori yang sangat rendah. Tidak hanya itu dalam alpukat juga mengandung beta karoten, potasium, serat, vitamin C serta vitamin B rumit (tiamin, vitamin B3, vitamin B6, serta vitamin B5. Melon juga  mempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi serta penting untuk mencegah beberapa tipe kanker. Mengkonsumsi melon dengan cara teratur sangat dianjurkan bagi bunda hamil pada trimester pertama (usia tiga bulan pertama kehamilan).

 7.  Stroberi (24 mcg / 100 gr, 6%)

Stroberi menjadi buah favorit untuk semua orang. Stroberi mempunyai permukaan buah yang kasar serta bergerigi dengan warna merah yang sangat cantik. dalam 165 gram stroberi ditemukan beberapa macam nutrisi, antara lain 50 kalori, karbohidrat (11 gram), protein (1 gram), serat larut (3,7 gram), kalsium (23 gram), fosfor (31 mg), magnesium (16 mg), zat logam 0.5( mg), vitamin C (94 mg), selenium ( 1 mg), potasium (43 mg), vitamin A (44 IU), serta asam folat (29 mcg). Dengan beberapa macam nutrisi ini maka stroberi mencegah beberapa penyakit semacam kanker, jantung serta gangguan tekanan darah (hipertensi). Kadar vitamin C serta asam folat dalam stroberi juga berkegunaaan untuk beberapa faktor dibawah ini.

8.  Pepaya (38 mcg / 100 gr, 10%)

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah tumbuh di negara beriklim tropis semacam Indonesia. Buah dengan bentuk memanjang dengan kulit berwana kuning kehijauan ini mempunyai rasa manis serta lezat. Pepaya menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram pepaya ditemukan vitamin A, vitamin C, kalium serta kalsium. Bahkan dalam pepaya dengan potongan kecil bisa mencukupi keperluan asam folat kurang lebih 56,9 mikrogram serta total 60 kalori. Kegunaaan pepaya serta kandungan asam folat untuk kesehatan adalah:
  •    Sayuran
Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah tipe sayuran berdaun hijau, khususnya berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, serta bayam. Beberapa tipe sayuran ini tergolong mudah didapatkan. Tidak hanya kaya asam folat, sayuran juga kaya beberapa nutrisi lain. Sedangkan untuk bunda hamil yang paling keren adalah bayam, brokoli, serta asparagus sebab juga mengandung nutrisi lain yang tepat untuk kehamilan.

1.  Bayam (194 mcg / 100 gr, 49% AKG)

Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Bayam mengandung rendah kalori, hanya kurang lebih 23 kalori per 1 ons daun mentah. Kandungan serat paling atas dalam bayam terletak pada daun. Bayam juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol serta bisa dipakai untuk makanan diet.  Selain itu bayam mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin serta asam folat. Asam folat dalam daun bayam sangat penting untuk mendukung kehamilan serta menghindari cacat syaraf pada otak bayi serta tulang belakang. Bayam juga merupakan satu makanan sehat untuk jantung untuk mencegah terjadinya kelainan jantung.
2.  Bit Merah (107 mcg / 100 gr, 27% AKG)

buah bitBuah bit mempunyai bentuk semacam umbi serta berwarna merah keunguan. Buah ini dikonsumsi dengan olahan menjadi salad alias jus.

3.  Kandungan Gizi Buah Bit

Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain merupakan kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6 serta vitamin C. Tidak hanya itu buah bit juga mempunyai kandungan asam folat, protein, karbohidrat, serat larut dalam air serta zat anti oksidan. Asam folat dalam bit merah sangat penting untuk Mendukung pertumbuhan janin pada tiga bulan pertama kehamilan.

4.  Kubis (43 mcg / 100 gr, 11% AKG)

Kubis merupakan sayuran yang sangat variatif. Ada beberapa tipe kubis yang ada di pasaran semacam kubis hijau, kubis putih serta kubis ungu. Kandungan anthocyanin dalam kubis ungu sangat berguna untuk mencegah sel kanker. Kubis juga menjadi salah satu sumber asam folat yang lumayan tinggi.  Asam folat dalam kubis mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung DNA khususnya untuk bunda yang sedang hamil. Beberapa kandungan vitamin yang sangat penting dari kubis merupakan semacam riboflavin, thiamin, pyridoxine serta asam pantotenat. Jadi, sayuran kubis sangat kaya bakal vitamin serta mineral yang membikinnya merupakan salah satu makanan kaya serat serta makanan sehat untuk paru paru perokok

 5.  Brokoli  (63 mcg / 100 gr, 16% AKG)

Brokoli merupakan sayuran hijau yang masuk dalam kelompok flora persilangan. Tahap brokoli yang bisa dimakan merupakan dibagian daging sayuran yang berbentuk semacam bintik-bintik hijau kecil. Brokoli mempunyai kandungan kalsium, asam folat serta vitamin C yang bakal menyegarkan tubuh. Selain itu tetap ada beberapa tipe mineral serta vitamin yang bisa Kamu temukan. Kandungan asam folat dalam brokoli penting untuk semua orang tergolong bunda hamil alias perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan. Brokoli juga bisa dijadikan makanan penurun kolesterol dalam darah.

 6.  Asparagus (135 mcg / 100 gr, 34% AKG)

asparagusAsparagus merupakan sayuran batang dengan ujung semacam tombak dibagian bunga. Asparagus mempunyai beberapa kandungan mineral serta vitamin semacam vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan serta vitamin C.  Asparagus sangat penting untuk kesehatan bunda hamil, untuk melindungi janin bayi supaya tak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk bunda hamil sangat disarankan. Tetapi harus hati hati yah khususnya bagi kamu penderita asam urat, sebab asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang harus di waspadai.

 7.  Seledri (36 mcg / 100 gr, 9% AKG)

Seledri merupakan sayuran yang mengandung kalori dalam jumlah kecil. Beberapa zat penting yang ditemukan dalam seledri merupakan semacam riboflavin, vitamin C serta asam folat. Kandungan asam folat dalam seledri sangat penting untuk penderita anemia serta bunda hamil. Seledri juga penting untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, menolong pengaturan kolesterol serta melancarkan proses metabolisme. Seledri merupakan tipe makanan rendah kolesterol yang bisa kamu konsumsi setiap hari.
8.  Selada (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Selada merupakan sayuran yang kebanyakan mengandung sumber vitamin serta mineral. Ini merupakan sayuran segar yang bisa dikonsumsi dengan cara langsung alias menjadi bahan makanan olahan semacam salad.  Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain merupakan serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K serta asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral semacam tembaga, zat besi, kalium serta mangan. Selada juga dikenal sebagai makanan untuk diet yang lumayan ampuh dalam menurunkan berat badan.  Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk merawat kesehatan jantung, mencukupi nutrisi bunda hamil untuk perlindungan syaraf bayi serta tulang belakang bayi. Tidak hanya itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

 9.  Jagung (19 mcg / 100 gr, 5% AKG)

Jagung merupakan sayuran yang kebanyakan mengandung kalori sehat untuk tubuh.  Kandungan Gizi Jagung menjadi beberapa sumber vitamin semacam vitamin A, vitamin B serta vitamin E. tidak hanya itu jagung juga kebanyakan mengandung serat jadi penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga mempunyai zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.  Salah satu sumber vitamin penting pada jagung merupakan vitamin B ( thiamin serta niacin). Jagung juga menjadi sumber karbohidrat, protein serta lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan keperluan asam folat sampai 78 mcg. Asam folat dalam jagung sangat penting untuk bunda hamil untuk melindungi kecacatan pada janin.

 10.  Kale (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Kale alias lebih dikenal dengan nama kaelan merupakan sayuran hijau semacam sawi. Kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, asam folat, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium serta beberapa tipe vitamin semacam vitamin A, vitamin K, vitamin B6, serta vitamin C. Folat dalam kale bisa berguna untuk melindungi pertumbuhan syaraf bayi dari kecacatan. Tidak hanya itu asam folat juga berguna untuk mencegah penyakit jantung serta Alzheimer.
  •     Daging
Mungkin tipe makanan yang mengandung asam folat ini lebih tidak jarang dihindari oleh orang-orang yang sedang diet alias sedang menjaga kesehatan sebab lumayan kebanyakan mengandung lemak serta kolesterol. Bakal namun jangan pandang hati fauna dari segi kurang baiknya saja, sebab nyatanya ada keuntungan yang bisa Kamu bisakan dengan mengonsumsi hati hewan. Hati fauna mengandung asam folat yang lumayan kebanyakan sama semacam beberapa tipe makanan yang tadi telah dibahas. Bakal namun bagi bunda hamil, meskipun tergolong makanan yang mengandung asam folat serta dha, sebaiknya hindari mengonsumsi hati hewan.

1.  Ikan Salmon  (4mcg / 100 gr, 1%)

Ikan salmon menjadi sumber asam folat yang sangat baik untuk bunda hamil. Ikan salmon mempunyai berbagai tipe kandungan vitamin B semacam tiamin serta niasin. Tidak hanya itu dalam ikan salmon juga ditemukan kandungan fosfor, protein,  serta selenium. Ikan salmon mempunyai kandungan asam folay yang sangat tinggi mencapai 87 mcg. Asam folat dalam ikan salmon dapat menjadi sumber gizi yang penting untuk pertumbuhan janin. Meskipun ikan salmon kebanyakan disaapabilan mentah tetapi bagi bunda hamil disarankan untuk memasak sampai matang. Ikan salmon mentah kebanyakan mengandung potensi bakteri serta kuman yang berbahaya untuk bunda hamil serta janin.

2.  Hati Ayam (578mcg / 100 gr, 144%)

Hati ayam menjadi makanan yang penuh dengan sumber gizi. Kandungan asam folat dalam hati ayam mencapai 578 mikrogram per 100 gram. Tidak hanya itu hati ayam juga mempunyai kandungan protein tinggi, lemak, sodium serta sama sekali tak mengandung karbohidrat. Kandungan asam folat dari hati ayam sangat penting sebagai nutrisi untuk janin. Asam folat juga mendorong pembentukan sel sel baru yang lebih sehat serta mencegah resiko anemia. Tidak hanya bunda hamil, wanita yang sedang menjalani program hamil juga dapat mengkonsumsi hati ayam dalam jumlah cukup. Cadangan asam folat dalam tubuh dapat menjadi persiapan untuk janin.

 3.  Kuning Telur (146 mcg / 100 gr, 37%)

Telur menjadi makanan yang sangat umum dengan harga yang murah. Tahap paling penting dari telur adalah kuning telur.  Kuning telur mempunyai kandungan vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Kuning telur juga mempunyai semua tipe kandungan vitamin B komplek semacam tiamin, riboflavin, pyridoxine, asam panthotenic, cobalamin serta asam folat. Asam folat menjadi salah satu sumber penting nutrisi bunda hamil serta menyusui. Bahkan asam folat tinggi dalam telur dapat mencegah persoalan cacat bayi pada tulang belakang serta otak. Tidak hanya itu asam folat dalam kuning telur juga menolong produksi sel darah merah dalam tubuh. Jadi, kuning telur sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja baik orang tua maupun anak-anak.
Tag : umum
0 Komentar untuk "Jenis - Jenis Makanan Dan Buah Yang Mengandung Asam Folat Yang Baik Untuk Ibu Hamil Atau Program Hamil"

Back To Top