Cara Menjaga Agar Mata Kita Sehat Dan Terhindar Dari Kaca Mata

.
Berikut ini merupakan beberapa cara dan langkah - langkah mengobati mata yang mengalami gangguan pengellihatan.  Mata yang tidak sehat disebabkan dari beberapa factor - factor seperti, suka menonton televise terlalu dekat, suka membaca sambal tidur dan masih banyak lagi.   Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang Cara Menjaga Agar Mata Kita Sehat Dan Terhindar Dari Kaca Mata.
  • Menggoyangkan bola mata
Berdiri dan fokuslah pada titik yang jauh, lalu goyangkan bola mata ke kiri dan ke kanan atau berkediplah sebanyak 100kali untuk membersihkan dan melumasi mata.
  • Berjemur
Lakukan hal ini sekali sehari. Kegiatan ini membutuhkan hari yang cerah atau lampu dengan cahaya yang bagus. Lihatlah kearah, matahari atau cahaya lampu dengan mata tertutup. Perlahan-lahan gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan hingga hampir menyentuh pundak untuk melancakan darah ke leher. Lakukan dengan perlahan selama 3-5 menit.
  • Bersembunyi
Latihan ini membuat mata rileks dan beristirahat. Duduklah dengan nyaman di depan meja. Kemudian taruh beberapa bantal tingginya sejajar dengan mata. Letakan kedua siku anda diatas bantal dan tutup mata anda dengan dua telapak tangan hingga tidak ada cahaya yang masuk. Bernafaslah dengan santai dan perlahan, nikmatilah kegelapan itu. Lakukan selama 10 menit, 2-3 kali dalam sehari.
  • Memilih satu warna dalam sehari
Pilihlah satu warna berbeda setiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warnanya dari pada bentuknya.
  • Menggeser penglihatan
Kebanyakan kita lebih sering menghabiskan waktu didepan layar komputer tanpa mengistirahatkan mata untuk sesaat. Cobalah menggeser penglihatan anda ke arah lemari, baju yang kita pakai, kalender di dinding atau pohon disebrang jalan untuk meningkatkan penglihatan peripheral dan dapat membantu rabun jauh, rabun dekat dan masalah penglihatan lainnya.



Cara Menjaga Agar Mata Tetap Sehat

  • Makan banyak buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.
Hindari memakai lensa kontak selama lebih sari 19 jam
Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.
  • Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak  kesehatan mata anda.
  • Gunakan mentimun
Gunakan mentimun untuk mengompres mata anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut diatas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur dimalam hari untuk mencegah bengkak.
  • Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanyan sekedar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.
  • Hindari duduk terlalu lama didepan komputer
Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu didepan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.
  • Kenakan kacamata disaat yang tepat
Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.
  • Jangan membaca dalam cahaya redup
Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.
  • Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang
Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata anda.
  • Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. Duduklah, tempatkan siku dipinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan anda. Jauhkan telapak yang menutupi mata anda selama 10 detik. Buka mata anda dan ulangi seperlunya.
Tag : Gaya Hidup, umum
0 Komentar untuk "Cara Menjaga Agar Mata Kita Sehat Dan Terhindar Dari Kaca Mata"

Back To Top